Sunday, November 6, 2011

Jelang SEA Games 2011: Jangan Emosi, Garuda Muda!

JAKARTA – Legenda hidup sepakbola Indonesia, Rully Nere bisa tersenyum melihat performa yang diperlihatkan Egi Melgiansyah dkk dalam sejumlah pertandingan ujicoba jelang SEA Games, November 2011 mendatang.

Timnas Indonesia binaan Rahmad Darmawan dalam sejumlah laga ujicoba memang menjanjikan. Bahkan, Garuda Muda bisa menang besar atas Timor Leste beberapa waktu lalu. Nah, berangkat dari serangkaian hasil positif yang ditorehkan timnas Yunior Indonesia tersebut, Rully yakin bukan mustahil timnas Indonesia mampu menyabet emas di cabang prestisus, sepakbola.

Buat Rully pribadi yang pernah meraih medali emas SEA Games di sepakbola pada 1987 silam, rapor positif timnas U-23 bisa menjadi bekal buat mereka meraih emas dalam pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu.

Terlebih, mereka akan bermain di hadapan pendukunya sendiri yang tentunya menjadi motivasi tersendiri buat Garuda Muda meraih satu emas yang diperebutkan di cabang sepakbola. “Mereka berada dalam posisi yang bagus, menang besar bisa menambah motivasi. Dan bermain di kandang bisa memberi kesempatan bagus buat mereka. 1987, kami bermain di kandang dan berhasil mendapatkan emas,” tutur Rully antusias kepada Okezone, Minggu (30/10/2011).

Dalam kesempatan di ajang Reuni Akbar mantan Atlet, Rully mengaku antusias dengan pola kepelatihan yang diterapkan pelatih timnas U-23 Indonesia, RD. Menurutnya, mantan pelatih Sriwijaya FC dan Persija Jakarta itu bisa memberikan karakter dan warna tersendiri buat permainan timnas serta piawai menggabungkan beberapa pemain. Termasuk bisa mengakomdir Syamsir Alam dan Ferdinand Sinaga.

“Kita bisa lihat dia bisa pegang tim dengan bagus. Saya melihat ada warna dan karakter dan dia bisa menggabungkan pemain seperti Ferdinand Sinaga dan Syamsir Alam yang bisa menyatu dengan permainan,” sambung pria 54 tahun tersebut.

Kendati bermodalkan banyak kesempatan untuk mendulang emas, Rully berharap Timnas U-23 tidak terlalu percaya diri dan tetap menjaga emosi. Sejatinya, mereka terkonsentrasi untuk melewati fase grup lebih dulu sebelum meretas mimpi meraih emas. Maklum, bisa dibilang Indonesia berada di grup Neraka bersama Malaysia, Thailand, dan Singapura.

“Kita berada di grup berat. Kita harus mendapat hasil bagus dulu di fase grup. Jangan pikirkan dulu juara. Kita harus bertahap. Fokus lebih dulu di babak grup. Malaysia dan Thailand lawan terberat. Tapi saya pikir, Thailand tetap yang terberat. Pemain juga jangan terlalu emosi, jika terjadi ini bisa mendatangkan malapetaka,” tukas Rully mengakhiri.
(edo)

Berita Terkait : SEA Games 2011

No comments:

Post a Comment